Apa Yang Dimaksud Dengan Firewall Pada Jaringan Komputer?

apa yang dimaksud dengan firewall

Firewall atau “tembok api” merupakan istilah dalam dunia security yang bentuk fisiknya bisa berupa hardware/software. Firewall menegakkan aturan kebijakan security seperti halnya kartu akses dan pintu gerbang dalam sebuah gedung.

Apa Yang Dimaksud Dengan Firewall?

Definisi

Firewall di definisikan sebagai perangkat lunak (software) yang ditujukan untuk keamanan pada jaringan komputer dengan melakukan pengawasan pada arus paket data di dalam jaringan komputer.

Firewall juga dapat di definisikan sebagai gabungan antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), yang ditujukan untuk mengatur dan mengawasi lalu lintas paket data di dalam jaringan komputer.

Serta kamu juga dapat melakukan pengaturan di dalamnya.

Baca juga : Penjelasan Tentang Sistem Bilangan Komputer (Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal)

Fungsi

Seperti yang sudah dijelaskan dalam definisi apa yang dimaksud dengan firewall. Firewall sangatlah penting bagi komputer yang sering menggunakan jaringan di dalamnya, baik itu intranet atau pun internet yang akan menghasilkan lalu lintas paket data.

Beberapa fungsi Firewall:

  • Membuat aturan yang berguna memberi izin (allow), menolak (deny), mengenkripsi (encrypt), dan mem-proxy lalu-lintas data di komputer antar domain yang berbeda.
  • Firewall memiliki filter yang tidak akan mengizinkan materi-materi yang tidak terotorisasi atau berpotensi mengganggu sistem untuk memasuki sistem.
  • Firewall juga akan mencatat log pada upaya-upaya untuk memasuki sistem.
  • Memproteksi komputer dengan cara memeriksa tiap paket informasi yang lalu lalang di jaringan yang sedang kita gunakan,

Cara Kerja Firewall

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana firewall mencurigai adanya paket-paket yang bisa kita sebut ‘nakal’?¬† Caranya adalah dengan membaca alamat tujuan dari paket tersebut.

Jika sebuah paket ditujukan untuk alamat yang dilarang atau datang dari alamat yang dilarang, maka sang firewall akan menghentikan paket tersebut seketika.

Sama halnya jika paket menuju alamat yang valid, namun port-nya tidak diketahui atau dilarang, maka firewall juga akan menghentikan  paket tersebut.

Baca juga : Apa Yang Dimaksud Dengan IP Address? Definisi IP Address

Manfaat

  • Dengan mem-filter paket-paket data yang lalu lalang, maka firewall dapat digunakan untuk mencegah ancaman-ancaman aktif yang ada di komputer (worm dan virus).
  • Menjaga komputer dari serangan seorang ‘hacker’ yang ingin mengendalikkan komputer kamu.
  • Melakukan pemblokiran terhadap konten berbahaya.
  • Mencegah penyalahgunaan terhadap internet.

Jika komputer kamu terhubung ke jaringan luar, baik jaringan lokal seperti di kantor (LAN), WAN, atau internet, maka kamu wajib sekali menginstal aplikasi firewall ini di komputer atau laptop kamu.

Beberapa rekomendasi aplikasi firewall:

  1. FirewallPAPI (Windows)
  2. iSafer (Windows)
  3. Windows Firewall

Baca juga : [Google Keep Notes] Cara Membuat Catatan Dan Daftar Di Home Android

About hadewax 37 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*