8 Manfaat Protokol di dalam Jaringan Komputer

manfaat protokol
Image source Purzuit

Di dalam jaringan komputer terdapat apa yang dinamakan protokol. Banyak sekali manfaat protokol di dalam jaringan komputer baik dalam sebuah integrasi dengan aplikasi, kemudahan bagi pengembang aplikasi.

8 Manfaat Protokol

1. Membantu pengiriman dan transmisi paket data

Proses transmisi paket data dari komputer pengirim ke komputer penerima, dibutuhkan sebuah router agar dapat membantu dalam proses pengiriman paket data yang diinginkan ke komputer tujuan.

Untuk menjaga data tersebut agar tidak rusak, hilang ataupun terbuang, diharuskan adanya pengecekan koneksi jaringan komputer dan pengecekan data.

Dengan adanya sebuah protokol, dapat kita gunakan misalkan saja memakai sebuah protokol FTP (File Sharing Protocol), untuk memudahkan dalam transmisi paket data kepada komputer tujuan.

2. Pemberian perintah dan menjalankan perintah

Dalam sebuah jaringan komputer, sering kita jumpai yang dinamakan dengan kendali (remote). Proses ini memerlukan satu atau beberapa perintah didalamnya.

Misalkan saja menggunakan kendali (remote) untuk dikendalikan memakai sebuah jaringan LAN atau intranet. Dan dalam kasus ini biasanya menggunakan protokol SSH (Secure Shell) atau protokol Telnet.

dengan menggunakan salah satu protokol tersebut, maka sebuah kendali (remote) bisa mengendalikan sebuah komputer dari jarak jauh.

3. Membantu di dalam melakukan kontrol terhadap koneksi

Contoh sebuah TCP (Transmission Control Protocol) terdapat proses kontrol terhadap pembentukan koneksi, koneksi yang berjalan beserta dengan protokol paket data, serta juga penutupan koneksi.

TCP (Transmission Control Protocol) merupakan salah satu protokol yang berfungsi untuk membantu di dalam jaringan komputer, sama halnya dengan ICMP (Internet Control Message Protocol).

Baca juga : Pengertian Client Server beserta Sejarah, Kelebihan & Kekurangan

4. Membantu di dalam proses pemecahan paket data ke dalam unit-unit paket data (Fragmentasi) serta penyusunan kembali paket-paket data (Reassmbly)

Fragmentasi yaitu sebuah proses yang terjadi pada komputer pengirim, dimana pada setiap layer terjadi proses pemecahan paket data ke dalam unit-unit paket data. Setiap unit paket data memiliki nama tersendiri untuk setiap layer.

Sedangkan Reassembly terjadi pada komputer penerima, dimana setiap unit-unit dari paket data yang telah di pecahkan (Fragmentasi) disatukan kembali menjadi sebuah paket data yang utuh dalam proses ini (Reassembly).

Manfaat protokol selanjutnya adalah, tanpa adanya protokol dalam jaringan komputer, mustahil kedua proses ini dapat berjalan dengan baik.

5. Membantu di dalam proses pembungkusan (Encapsulation) dan pembukaan bungkusan (Decapsulation)

Disamping sebuah proses pemecahan paket data atau disebut Fragmentasi dan penggabungan kembali unit-unit paket data atau Reassembly, ada juga yang dinamakan dengan Encapsulation dan Decapsution.

Encapsulation adalah sebuah proses dimana terjadi pembungkusan unit paket dan paket data, sedangkan Decapsulation kebalikannya, yaitu pembukaan bungkusan unit paket dan paket data.

Kedua proses ini (Encapsulation & Decapsulation) dapat berjalan dengan baik karena adanya bantuan dari protokol-protokol di dalam jaringan komputer.

6. Membantu di dalam proses Flow Chart

Protokol-protokol di dalam jaringan komputer juga ada yang memiliki fungsi terkait dengan kontrol aliran paket data (flow chart). Salah satu dari yang menggunakannya adalah potokol TCP (Transmission Control Protocol).

Baca juga : 5 Organisasi Standarisasi Jaringan Dunia

7. Membantu dalam proses Error Control pada jaringan komputer

Adanya kesalahan atau error pada paket data saat proses pengiriman meupun penerimaan (di dalam jaringan komputer), maka yang mengurusi kendali tersebut adalah Error Control.

Ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya sebuah protokol di dalam jaringan komputer. Biasanya kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada pengiriman paket data adalah kemungkinan paket data.

  • Hilang,
  • Rusak,
  • Tidak lengkap,atau
  • Dibuang.

8. Membantu didalam pengalamatan pada jaringan komputer

Setiap entitas di dalam jaringan komputer, baik komputer maupun perangkat terhubung lainnya, memiliki dua buah alamat. Layaknya sebuah kehidupan sehari hari, setiap rumah memiliki alamat tersendiri.

Dalam hal ini jaringan komputer memakai yang dinamakan IP Address (Internet Protocol Address) dan MAC Address (yaitu alamat fisik yang dicatat oleh vendor perangkat keras jaringan komputer yang dibaca Address Resolution Protocol).

Baca juga : [Google Keep Notes] Cara Membuat Catatan Dan Daftar Di Home Android
About hadewax 33 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*