5 Organisasi Standarisasi Jaringan Dunia

organisasi standarisasi jaringan

 

Dengan adanya administrasi dan standarisasi di dalam jaringan komputer, termasuk juga internet di dunia. Lima orgnanisasi standarisasi jaringan, ini beberapa dari sekian organisasi yang mengurusi tentang jaringan maupun internet di dunia.

Fungsi?

Dalam jaringan komputer, khususnya adalah internet diharuskan akan adanya organisasi standarisasi jaringan dan administrasi untuk mengatur agar semua proses dan layanan dapat berjalan dengan baik serta lancar.

Karena banyaknya jumlah pengguna internet dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat.

Maka dari itulah diperlukannya peran yang dapat mengatur administrasi dan standarisasi, sehingga akan terjadi keseragaman dan keteraturan, yang berujung pada ketertiban dan kenyamanan di dunia internet secara global.

Baca juga: Pengertian Telnet Dalam Jaringan Komputer

Organisasi

Ada 5 organisasi standarisasi jaringan yang akan dijelaskan pada artikel sekarang ini, diantaranya adalah :

  • IETF (Internet Engineering Task Force)
  • IANA (Internet Assigned Number Authority)
  • ICANN (Internet Corporation for Assigned Name and Number)
  • NIC (Network Information Center)
  • ANSI (American National Standards Insitute)

1. IETF (Internet Engineering Task Force)

IETF (Internet Engineering Task Force) merupakan organisasi standarisasi jaringan besar Internasional, organisasi yang menjadi wadah bagi seluruh komunitas internet yang meliputi network designer, operator, vendor dan peneliti yang peduli akan arsitektur internet dan kelancaran operasi internet.

Ada lima misi yang dibawa oleh IETF (Internet Engineering Task Force), yaitu :

  • Open Process atau proses yang terbuka, yaitu adanya sebuah proses yang terbuka untuk semua orang di dunia yang ikut berpartisipasi di dalam menjadikan internet dunia menjadi lebih baik. Dengan melakukan adanya seminar, pertemuan, dokumen, milis dan lain-lain yang disediakan oleh IETF (Internet Engineering Task Force).
  • Technical Competence atau kompetensi teknikal, yaitu kompetensi secara teknis dalam bidang jaringan internet dari berbagai pihak contohnya pengguna internet secara umum, akademisi, riset maupun Network Engineering. IETF (Internet Engineering Task Force) tebuka untuk menerima beragam usulan dan masukan dengan terkait dalam jaringan internet yang lebih baik lagi kedepannya.
  • Volunteer Core atau mengutamakan keikhlasan untuk menjadikan internet dunia lebih baik lagi secara bersama-sama. Yang artinya IETF (Internet Engineering Task Force) tidak kompensasi bayaran atau gaji kepada keikutsertaan para pengguna, bekerja dengan sukarela namun akan menjadikan internet di dunia ini akan lebih baik lagi.
  • IETF (Internet Engineering Task Force) mempunyai standarisasi internasional dalam menyediakan sepsifikasim, aturan, protokol, yang berhubungan dengan jaringan diseluruh dunia. Semua para pengguna internet dunia dan para pengembang wajib mengikuti standarisasi yang dituangkan oleh IETF (Internet Engineering Task Force) ke dalam sejumlah dokumen penting dan dapat diakses secara publik.
  • IETF (Internet Engineeringc Task Force) memegang peranan dalam kepemilikan sejumlah protokol penting di dalam jaringan komputer dan tentu saja jaringan internet itu sendiri. Salah satu misi IETF (Internet Engineering Task Force) ini memegang peranan penting agar protokol-protokol jaringan komputer tersebut dapat digunakan seluas mungkin oleh banyak pihak dan platform.

Informasi lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi langsung website resmi nya di https://www.ietf.org/.

2. IANA (Internet Assigned Number Authority)

Internet Assigned Number Authority atau biasa disebut IANA merupakan organisasi standarisasi jaringan dunia yang merupakan bagian (dalam hal ini departemen) dari salah satu ogranisasi dunia yaitu ICANN (Internet Corporation for Assigned Name and Number). IANA bertugas mengurusi permasalahan penamaan domain di dalam jaringan komputer (DNS root), pengalamatan di dalam jaringan komputer (IP address), dan protokol-protokol yang digunakan di internet.

Berikut tiga fungsi yang meliputi IANA, yaitu:

  • Pemberian nama alamat domain di dalam jaringan internet atau Domain Names. IANA (Internet Corporation for Assigned Name and Number) menangani pencalonan alamat domain di dalam jaringan internet dunia (Domain Names), dengan memanfaatkan adanya DNS (Domain Named System) Root dan Root Zone, ARPA (Advanced Research Project Agency, lalu berganti menjadi Address and Routing, Parameter Area) Domain, Top Level Domain (TLD), Country Code Domain dan IFN (Internasional Domain Name). Lebih detailnya, kamu bisa kunjungi langsung ke https://www.iana.org/domains.
  • Pengelolaan sumber daya dan pengalamatan jaringan (IP Address) pada sebuah jaringan internet. Di dalam jaringan komputer saat ini termasuk juga jaringan internet, terdapat dua buah pengalamatan untuk IP address yang dikenal, yaitu IPv4 untuk IP address versi 4 serta IPv6 untuk IP address versi 6 yang lebih baru dibandingkan dengan IPv4 dengan pengalamatan yang lebih banyak dibandingkan dengan IPv4. Kamu bisa cek langsung ke https://www.iana.org/numbers.
  • Pengawasan dan persetujuan mengenai sejumlah protokol di dalam jaringan internet (Protocol Assignment). IANA juga berperan sebagai pengawas terhadap sejumlah protokol di dalam jaringan komputer, baik itu protokol-protokol yang sudah berumur tua atau pun protokol-protokol yang baru di sediakan dalam sebuah jaringan komputer untuk memenuhi kebutuhan akan layanan internet dan teknologi-teknologi yang terus berkembang pesat.

Untuk mengetahui secara detail tentang organisasi IANA, bisa kamu langsung kunjungi website resmi nya https://www.iana.org.

3. ICANN (Internet Corporation for Assigned Name and Number)

 

ICANN (Internet Corporation for Assigned Name and Number) adalah suatu organisasi standarisasi jaringan dunia non profit yang bertujuan untuk menjaga agar internet dunia tetap aman, stabil, nyaman, sehingga mendukung semua kegiatan pendidikan, pemerintahan, bisnis dan bidang-bidang lainnya.

ICANN membuka bekerja sama dengan sejumlah praktisi dan akademisi di seluruh dunia dan membuka kesempatan seluah-luasnya kepada para pengguna internet, untuk dapat ikut berkontribusi dalam menciptakan internet lebih baik lagi.

ICANN (Internet Corporation for Assigned Name and Number) juga menyediakan layanan kelas online bagi kamu yang ingin mempelajari pengetahuan tentang ICANN. Kelas online tersebut dapat diikuti oleh siapapun pengguna internet, yang dapat terhubung ke internet.

Dalam situs ICANN didalamnya disajikan beragam artikel, panduan teknis, tata kelola internet, peraturan, grup dan lain lainnya. Kamu dapat mengaksesnya pada halaman http://www.icann.org

4. NIC (Network Information Center)

NIC (Network Information Center) merupakan ogranisasi standarisasi jaringan dunia berbentuk profit dan juga nonprofit yang menyediakan sejumlah layanan berupa jasa (Customer Support) dan informasi terkait dengan jaringan dunia, yang khsusnya Domain Name Service.

Layanan tersebut berupa pernamaan domain atau alamat pada jaringan internet. Beberapa layanan ada yang dikenakan bayaran ada juga yang gratis.

Untuk opsi yang berbayar, setidaknya ada lima buah layanan sebagai berikut:

  • Domain Names untuk penamaan domain dari alamat komputer kamu, termasuk juga jaringan internet. Juga disertakan layanan tambahan berupa sertifikan domain.
  • Penyediaan web hosting.
  • Terdapat juga Whois, IP Lookup dan Meta Whois.
  • Penyediaan Virtual Server dan Dedicated Server.
  • Layanan E-mail, SSL (Secure Socket Layer) Certificate dan Protected Registration.

Untuk mengakses langsung pada halamannya, bisa kunjungi website resminya di nic.com.

5. ANSI (American National Standards Insitute)

ANSI (American National Standards Institute) merupakan organisasi nonprofit yang bermarkas di United State  bekerja untuk mengembangkan dan memelihara standard di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Sebagai standarisasi produk dan teknologi terbaru.

Ketika standard baru diakreditasi oleh ANSI (American National StandardsInstitute), artinya bahwa standard telah memenuhi persyaratan.

Dengan kata lain, hanya standard yang lulus dalam proses persetujuan pedoman yang ketat agar dapat menjadi standar akreditasi. Ini memastikan bahwa semua standar yang diakreditasi oleh ANSI bermanfaat bagi produsen dan konsumen.

Jika ingin lebih lengkap, bisa membuka langsung halamannya https://www.ansi.org/.

Catatan

Perlunya standarisasi dan administrasi pada jaringan komputer, khususnya internet. Maka diadakannya organisasi standarisasi jaringan agar kestabilan dan kelancaran terus berjalan dengan baik.

Contoh organisasi diatas hanya beberapa saja, masih ada beberapa organisasi standarisasi jaringan di dunia yang cukup berpengaruh pada kelancaran jaringan komputer.

About hadewax 37 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*