Pengertian Client Server beserta Sejarah, Kelebihan & Kekurangan

pengertian client server
Source Image wikipedia

Sebagai salah satu teknologi dan paradigma atau pemodelan yang cukup banyak sekali digunakan pada jaringan komputer yaitu paradigma Client Server. Yang mungkin sudah tak asing lagi bagi kita yang sering melakukan pencarian melalui internet, seperti halnya mencari informasi tentang pelajaran disekolah ataupun hal lainnya.

 

Berbeda dengan sebuah paradigma atau pemodelan jaringan peer to peer yang setiap peer (komputer) nya berperan sebagai server sekaligus client. Pada pengertian client server ada sebuah komputer yang mengontrol data para peer (komputer) atau melayani para komputer yang menggunakan jasanya.

Sebagai contoh, apakah kamu seorang penggila internet? Apa yang akan kamu gunakan saat mencari informasi? Bagi kamu yang sering menggunakan smartphone, laptop ataupun komputer untuk mencarinya, pastinya tak asing lagi ditelinga kita saat mendengar Google sang search engine terkemuka didunia ini.

Dengan menggunakannya, maka kita sudah mempraktikan apa yang dimaksud dengan sebuah paradigma atau pemodelan client server, misalkan kita membuka salah satu situs yang ada dipencarian Google maka kamu telah memberi request kepada sebuah server dan sebuah server akan memberikan data yang diminta oleh kita.

Baca juga: Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi HTTP

Sejarah

Ketika jenis komputer mulai berkembang, yaitu pada tahun 1950-an sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus dapat melayani beberapa tempat yang tersedia (terminal), maka ditemukanlah sebuah konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System).

Pada sebuah sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulailah terlihat perpaduan sebuah teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Dan dalam pengertian jaringan client server, jaringan tersebut terus berkembang sampai saat ini, dengan banyaknya sebuah pelayanan dan aplikasi yang mulai bermunculan.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

  • Server memegang sepenuhnya data yang dibutuhkan client

Komputer server adalah pusat data yang akan nantinya dibutuhkan oleh komputer client, komputer server mempunyai hak sepenuhnya dalam mengontrol semua data. Semua sumber daya (resource) ada pada server, dari komputer server lah kita bisa mendapatkan informasi yang kita butuhkan (selagi informasi itu ada pada komputer server).

  • Back-up terpusat pada komputer server

Seperti yang sudah dijelakan diatas, komputer server mempunyai semua sumber daya (resource) pada komputernya. Dengan adanya komputer server data pada komputer client dapat diback-up pada komputer server. Maka data pada komputer client dapat terjaga aman.

  • Keamanan yang relatif lebih tinggi

Dalam pengertian client server, sebuah komputer client bertugas untuk mengirimkan permintaan atau request kepada komputer server, dengan begitu kita hanya menggunakan komunikasi antara komputer server dan client saja (Tapi tak menutup kemungkinan bahwa ada serangan MITM).

  • Transfer informasi yang cepat

Jika kamu menggunakan paradigma client server maka kamu akan meminta (request) pada komputer server dan itu dapat dilakukan serentak dengan komputer client lainnya. Dengan begitu transfer data ataupun informasi akan terkirim lebih cepat.

Baca juga: Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

Kekurangan

  • Biaya pengeluaran

Dengan biaya yang cukup mahal dibandingkan dengan sebuah paradigma peer to peer yang biaya pengeluarannya relatif lebih terjangkau. Dimana dalam membangun sebuah paradigma client server yang tidak sembarang orang dapat lakukan dan harus terus di update oleh seorang teknisi IT yang berpengalaman dalam melayani sebuah server.

  • Gangguan server

Gangguan ini biasanya adanya perbaikan ataupun ada seseorang yang sedang menorobos memasuki sistem komputer server atau pun seseorang atau sekelompok orang yang sedang melakukan aksi DDOS pada server yang berakibat pada kelumpuhan jaringan.

  • Spesifikasi besar

Khususnya pada komputer server harus memiliki sepsifikasi yang cukup besar, agar dapat melayani para client. Jika komputer server memiliki spesifikasi rendah, akan berakibat pada Down nya komputer server, yang berakitbat  tidak dapat diaksesnya server dalam sementara waktu (jika mempunyai jumlah client yang cukup besar).

Ringkasan

Jadi, pada paradigma atau pemodelan client server ini , semua client terpusat kepada server. Semua client bergantung sepenuhnya kepada server. Dan server memberikan semua yang client butuhkan.

Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja ICMP (Internet Control Message Protocol) Dalam Jaringan Komputer

About hadewax 33 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Penjelasan Tentang Sistem Bilangan Komputer (Desimal, Biner, Oktal dan Heksadesimal) - Hadewa
  2. Pengertian Peer to Peer dan Tujuan, Kelebihan & Kekurangan Pada Jaringan - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*