Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi HTTP

pengertan, sejarah, cara kerja dan fungsi http

HTTP atau disebut juga Hyper Text Transfer Protocol adalah sebuah protokol yang paling sering dan paling banyak digunakan oleh user dalam jaringan komputer, khususnya bagi yang sering melakukan atau mengakses alamat situs (website). Apa saja pengertian, sejarah, cara kerja dan fungsi http dalam dunia jaringan komputer?

Aplikasi web (WWW atau World Wide Web) merupakan aplikasi di jaringan internet yang penggunaannya paling banyak saat ini pada beragam perangkat komputer, mulai dari komputer rumah, laptop, smartphone, tablet, dll. Pada jaringan komputer yang umumnya terdapat server dan client yang saling berkomunikasi. Server yang pada umumnya dapat melakukan pelayanan satu ataupun beberapa client sekaligus.

Sejarah

Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Pada saat itu masih menggunakan protokol HTTP versi 0.9. Lalu pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi versi 1.0. Perubahan yang dilakukan untuk memfasilitasi tipe-tipe dokumen yang akan dikirim beserta encoding yang digunakan dalam pengiriman data.

Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten. Lalu seiring nya waktu diterbitkan lagi HTTP/2.0 atau HTTP/2 yang awalnya dikembangkan oleh Google. Dan telah disetujui oleh IESG untuk diumumkan sebagai usulan standar pada tanggal 17 Februari 2015.

Baca juga: Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

Cara Kerja

Cara kerja dari sebuah sistem HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) memiliki dua metode utama di dalam layanannya. Kedua metode tersebut adalah POST dan GET. MetodeĀ  POST berfungsi untuk pengiriman data ke server, dengan cara melakukan pengeditan, penambahan dan pengubahan pada data di server. Sedangkan untuk metode GET dikhususkan untuk memperoleh data dan informasi dari server.

Source www.whoishostingthis.com

Fungsi HTTP

Beberapa fungsi ini berkaitan dengan aplikasi dan layanan berbasis web (WWW).

  • Membantu web server di dalam membantu tindakan terkait dengan permintaan client user.
  • Membantu di dalam menerjemahkan pesan dan perintah dari client ke server dan respon yang dikirimkan dari server ke client (berdasarkan permintaan dari client).
  • Membantu sebuah aplikais web browser untuk menyajikan data dan informasi yang diminta oleh client yang nantinya dikirim oleh server.

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Jenis Port Number Pada Jaringan Komputer

About hadewax 33 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

1 Trackback / Pingback

  1. Pengertian Client Server beserta Sejarah, Kelebihan & Kekurangan - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*