Pengertian, Fungsi dan Jenis Port Number Pada Jaringan Komputer

port number

 

Pengertian port number, hampir di setiap layanan dan aplikasi yang berjalan di dalam jaringan komputer tersedia sangat banyak jumlah port number yang digunakan.

Secara tidak sadar kamu pun telah sering menggunakan port number, sebagai contoh kamu untuk menemukan web ini, maka kamu akan menggunakan atau mengaksesĀ nomor port 80 (HTTP).

Fungsi Port Number

Sebagai ‘unit’ utama dalam jaringan komputer, port numberĀ telah tercipta saat jaringan komputer pertama kali ada di dunia.

Fungsi untuk komunikasi antar jaringan komputer, atau lebih sering kita dengar ‘gerbang’ nya koneksi. Tanpa port, kita tidak akan bisa masuk pada jaringan.

Mulai diperkenalkan pada saat jaringan komputer ada bersamaan dengan TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

Baca juga: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)

Jenis-Jenis Port Number

Untuk memudahkan dalam pengenalannya maka ada jenis atau pengklasifikasian suatu nomor port untuk digunakan dalam sebuah layanan atau aplikasi di dalam jaringan komputer (internet maupun intranet).

Dalam jaringan komputer mengenal ada tiga jenis klasifikasi atau tiga buah kelompok utama untuk nomor port, yaitu Well Known Port, Dynamic Port dan Registered Port.

Well Knwon Port

Well Knwon Port merupakanĀ port number yang telah diketahui secara umum untuk pemakaian suatu layanan maupun aplikasi dalam sebuah jaringan komputer.

Port number ini tidak dapat lagi digunakan oleh layanan maupun aplikasi lainnya di dalam jaringan komputer, karena sudah terdaftar di salah satu organisasi dunia untuk jaringan komputer, yaitu IANA (Internet Assigned Number Authority).

Well Known Port memiliki kapasitas sebanyak 1024 buah nomor (dari 0 hingga 1023), berikut adalah daftar sejumlah nomor port yang sudah umum diketahui (well known port), protocol dan description nya masing masing dan juga penggunaan aplikasi.

Source www.thetechnicalstuff.com
Source ptgmedia.pearsoncmg.com

Dynamic Port

Nomor port ini merupakan yang dapat berubah-ubah sesuai dengan keperluan sang pengguna. Terdiri atas port dari nomor 49152-65535.

Sifatnya yang berubah-ubah maka dinamakan Dynamic Port (Dinamis = Berubah-ubah).

Registered Port

Nomor port ini sama halnya dengan Well Known Port yang sudah terdaftar di organisasi IANA. Registered Port terdiri atas port dari nomor 1024 hingga 49151.

Penggunaan port ini dapat digunakan untuk layanan atau aplikasi yang lebih spesifik lagi. Contohnya yaitu port 1080 untuk SOCKS proxy, 1194 untuk Open VPN dan lain-lain.

Registered Port ini dapat Kamu gunakan sebagai nomor port di dalam membuat aplikasi baru pada jaringan komputer.

Baca juga: Pengertian TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Dalam Jaringan Komputer

About hadewax 33 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*