Apa Itu Internet, Definisi, Sejarah, Manfaat dan Kerugiannya?

Apa Itu Internet

 

Apa itu internet?

Yang seperti kamu ketahui, internet adalah jaringan terluas antar komputer yang ada di dunia ini, dengan cakupan geografis seluruh planet bumi.

Internet menghubungkan semua jaringan WAN (Wide Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan LAN (Local Area Network) di dalamnya.

Internet terhubung ke semua komputer yang ada disetiap gedung, tempat, pengguna komputer, dari berbagai negara, dalam satu planet ini, planet tercinta kita bumi.

Apa itu internet akan membuka privasi kamu sebagai penggunanya? Jika dipakai dengan bijak tidak akan sampai membongkar semua privasi kamu.

Tidak semua pengguna memiliki akses publik, maka terdapat jalur khusus, salah satu contohnya adalah menggunakan VPS (Virtual Private Network), yang memungkinkan pengguna yang memakai jaringan publik internet dapat memasuki jaringan lokal atau intranet.

Definisi , apa itu internet?

Internet (Interconnection Networking) didefinisikan sebagai jaringan komputer terbesar diplanet ini. Semua jaringan terhubung kesini.

Seperti yang sudah disinggung diatas, internet menghubungkan semua jaringan mulai dari LAN, MAN dan WAN.

Perangkat yang sedang kamu gunakan ini pun salah satu contoh penghubung kamu ke internet. Selain itu ada juga Switch, Router, Hub, dll.

Saat ini, internet dapat dikatakan telah menjadi salah satu kebutuhan pokok umat manusia, terutama bagi mereka yang bergelut dalam dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sejarah Awal Internet

Pada awalnya tahun 1969 jaringan komputer dan internet diawali dari riset yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Departement Of Defense).

Proyek ini disebut ARPA (Advanced Research Project Agency), sehingga jaringan komputer yang mereka bentuk disebut ARPANET (net berarti network).

Karena pada saat itu diciptakan untuk kalangan tertentu saja, yaitu untuk keperluan pihak militer dan beberapa akademisi dan universitas.

Perkembangan ARPANET

Kemudian dipecah menjadi MILNET (khusus untuk pihak militer) sedangkan ARPANET (khusus untuk pihak perguruan tinggi).

Setelah itu MILNET dan ARPANET digabung kembali menjadi DARPANET (untuk kemudian disebutlah internet saja).

Pada tahun 1980, jaringan ARPANET telah berkembang pesat sebagai sebuah jaringan internet didunia. Yang artinya banyak perangkat yang terhubung didalamnya, maka semakin diperhatikan mengenai pengalamatan setiap komputer dalam bentuk IP Address.

Untuk memudahkan di dalam pemetaan, dilakukan pengalamatan berupa IP Address, pembagian kelas untuk setiap IP Address , serta penggunaan Domain memanfaatkan DNS (Domain Name System).

Sejumlah penemuan khususnya komputer, yang semakin mendukung perkemabangan internet dari waktu ke waktu. Maka negara kita tercinta ini pun ikut dalam perkembangannya.

Sejarah Awal Internet di Indonesia

Banyak yang masih belum mengerti apa itu internet? kapan internet muncul di Indonesia? Agan pun pasti mengenal internet ini buming di era tahun milenial.

Google salah satu Search Engine terkenal

Komputer dan internet mulai memasyarakat di Indonesia pada tahun 90an, namun untuk ilmu Elektro dan Informatika sudah mulai memasuki dunia pendidikan di Indonesia.

Banyak tokoh dalam dunia jaringan komputer yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Onno Widodo Purbo atau sering dipanggil Onno W Purbo. Beliau adalah pakar di bidang Teknologi Informasi asal Indoensia.

Dalam dampak bisnis, internet memberikan pengaruh yang lumayan signifikan. Terbukti dengan munculnya ISP (Internet Service Provider) yang memberikan akses internet dibeberapa tempat di Indonesia.

Dapat disebutkan bahwa internet Indonesia untuk saat ini digunakan oleh beragam pengguna nya, baik komunitas, pemerintahan, akademisi, bisnis, hingga pribadi.

Indonesia memiliki satelit internet, yaitu salah satunya Satelit Palapa yang berperan di dalam penyebar luasnya jaringan internet.

Internet di Indonesia dibangun dan dilengkai dari waktu ke waktu oleh sejumlah komunitas, salah satunya komunitas dunia Linux dan Open source.

Yang mampu menerapkan layanan berbasiskan open source seperti VOIP (Voice Over Internet Protocol), yang kemudian adanya VOIP Rakyat.

Kemudian adanya teknologi kabel Fiber Optik untuk menghubungkan antar jaringan di Indonesia melalui bawah laut Indonesia.

Manfaat Internet

  • Wawasan semakin meluas

Dengan hadirnya internet dikehidupan kita, maka memudahkan kita mencari informasi yang kita butuhkan dengan sangat cepat.

Kita bisa membuka wikipedia untuk membaca artikel tentang ilmu apapun.

Ataupun untuk membuka video di youtube, sekedar melihat eksperimen dari para ilmuwan atau sukarelawan yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita.

  • Komunikasi jarak jauh

Ini lah fungsi paling dibutuhkan di dunia internet , memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan seseorang yang sedang tidak ada didekat kita.

Kita bisa gunakan untuk sekedar mencari tahu kabar dari seseorang, dapat menggunakan chat ataupun bahkan dengan Video Call.

  • Online Shop

Sekarang jamannya internet, kemudahan kita untuk apapun bisa dibantu oleh teknologi internet ini. Salah satunya adalah belanja di Online Shop.

Kamu gak perlu lagi cape cape untuk ngantri dipasar atau mall, kamu hanya tinggal klik barangnya lalu transfer uangnya, dan kamu tinggal menunggu barangnya sampai ke rumah kamu dengan selamat.

  • Internet untuk sarana hiburan

Nah ini yang paling asik dari adanya internet sendiri, kita bisa melihat sesuatu yang sedang buming di planet ini atau sedang trendy di negara kita.

Banyak platform yang bisa kita buka, salah satu yang populer nya adalah Youtube, kamu mungkin sudah familiar dengan platform ini.

Dengan berbagai macam video didalamnya yang bisa kita putar berulang kali, dan banyak sekali musik disana.

  • Lowongan kerja online

Agan bisa cari nih lowongan kerja yang sesuai dengan minat agan diinternet, banyak sekali jasa yang menawarkan info terntang lowongan kerja ini.

Contohnya Line Jobs, kamu bisa melihat lowongan kerja apa yang cocok dengan minat kamu.

Atau menjadi Freelancer di internet, banyak situs untuk kamu yang menawarkan menjadi freelancer, asalkan kita mau semua bisa kita lakukan.

  • Menyalurkan hobi

Kamu juga bisa menyalurkan hobi kamu disini, ya meskipun tidak semua hobi dapat disalurkan lewat internet. Tapi setidaknya kamu bisa menyalurkannya lewat tulisan ataupun video.

Buatlah video kamu sedang memainkan skateboard lalu upload diyoutube, atau buatlah trik trik nya lalu tulis dalam sebuah blog, mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain.

Dampak Negatif Dari Internet

  • Social Media Addict

Ya tidak bisa dipungkiri lagi sosial media menjadi urusan terpenting bagi kehidupan generasi sekarang.

Seseorang dapat menjadi gila karena Sosial Media, sekarang seseorang menjadi kurang bersosial di dunia nyata dan lebih sering di dunia maya.

  • Berita Hoax

Sekarang sudah banyak berita berita hoax bertebaran dimana mana, yang terlihat seperti berita benar namun ternyata berita itu palsu.

Untuk kemajuannya internet, berhati hatilan dalam melihat postingan apapun tanpa melakukan riset terlebih dahulu, dan asal share saja.

Padahal jika berita itu hoax kamu sebarkan, apa itu tidak dosa? Beberapa orang yang mungkin belum mengerti apa itu internet, akan lebih mudah mempercayai berita hoax.

  • Privasi

Seperi yang saya jelaskan tadi diatas, mungkin privasi kita tidak akan rusak apabila kita sendiri sebagai pengguna internet bijak dalam menggunakannya.

Jangan pernah untuk terlalu membocorkan kegiatan apa saja yang kita lakukan, itu akan mengakibatkan privasi kita menjadi seperti tidak mempunyai lagi privasi, karena semua orang tahu.

Padahal privasi itu sangatlah penting.

  • Kesehatan

Bisa jadi karena keseringan kita membuka internet, dengan menggunakan layar smartphone kita. Mata kita menjadi rabun.

Atau karena keseringan bermain game online, kita menjadi malas untuk berolahraga.

Kesimpulan dari Apa itu Internet?

Ya itulah internet, menghubungkan antarkomputer tanpa mengenal jauh nya jarak antar komputer tersebut, selama mereka mempunyai akses internet itu sendiri. Internet adalah jaringan komputer paling luas dari segi geografis dibanding kan dengan WAN (Wide Area Network), WAN (Wide Area Network) dan LAN (Local Area Network).

About hadewax 33 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

9 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kekurangan Kabel Jaringan (Wired Network) - Hadewa
  2. Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network) - Hadewa
  3. Pengertian, Fungsi dan Jenis Port Number Pada Jaringan Komputer - Hadewa
  4. Pengertian Peer to Peer dan Tujuan, Kelebihan & Kekurangan Pada Jaringan - Hadewa
  5. 5 Organisasi Standarisasi Jaringan Dunia - Hadewa
  6. Apa Yang Dimaksud Dengan IP Address? Definisi IP Address - Hadewa
  7. Kenapa Linux? - Hadewa
  8. Definisi PAN (Personal Area Network) Pada Jaringan Komputer - Hadewa
  9. Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Jaringan Komputer - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*