Pengertian MAN (Metropolitan Area Network) Pada Jaringan Komputer

MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan dengan cakupan geografis yang lebih luas daripada LAN (Local Area Network) yang memungkinkan lebih banyak komputer untuk dapat terhubung.

MAN (Metropolitan Area Network) mencakup suatu wilayah atau kota yang terdapat gedung gedung ataupun kantor agar dapat terhubung antara komputer dengan cakupan wilayah antara komputernya lumayan jauh.

Baca juga: Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

MAN (Metropolitan Area Network) memiliki jangkauan area antara 10 KM hingga 50 KM. Dengan adanya jaringan MAN maka didalam sebuah jaringan MAN ada sebuah jaringan LAN (Local Area Network) yang berasal dari berbagai gedung atau sebuah pemukiman.

Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)

Sama halnya dengan LAN (Local Area Network) fungsi MAN (Metropolitan Area Network) disini adalah untuk mengatur paket data antara komputer komputer yang dihubungkan menggunakan wired (kabel) ataupun wireless (nirkabel).

Untuk kebutuhan kantor yang bercabang mungkin sangatlah diperlukan karena dapat mengatur data dengan mudah antara kantor pusat ke kantor cabang.

Contohnya kantor pemerintahan yang membutuhkan koneksi yang baik, dengan menggunakan jaringan MAN (Metropolitan Area Network) akan mempermudah menghubungkan ke kantor pemerintah yang jangkauannya cukup jauh dari kantor pemerintahan pusat.

Baca juga: Pengertian Telnet Dalam Jaringan Komputer

Untuk beberapa kota terutama yang menerapkan konsep Smart City, mulai banyak yang menginplementasikan jaringan MAN (Metropolitan Area Network). Sebagai contoh kota besar di Indonesia adalah kota Bandung, Jakarta, Surabaya serta sejumlah kota besar lainnya yang ada di Indonesia.

Image Source www.arcweb.com

Maka dari itu memakai jaringan MAN ini lebih efesien daripada menggunakan WAN (Wide Area Network) jika untuk dipakai di area kota. Karena dapat mempercepat transfer data antar komputer, berbeda dengan jaringan Internet, jaringan MAN lebih bersifat semi-public.

Baca juga: Pengertian WAN (Wide Area Network) Pada Jaringan Komputer

Referensi:

http://www.temukanpengertian.com
https://www.techopedia.com
The Books
About hadewax 37 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Jaringan Komputer - Hadewa
  2. Pengertian WAN (Wide Area Network) Pada Jaringan Komputer - Hadewa
  3. Apa Itu Internet, Definisi, Sejarah, Manfaat dan Kerugiannya? - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*