Pengertian Telnet Dalam Jaringan Komputer

Telnet atau Telecommunications Network adalah salah satu protokol yang ada dalam dunia jaringan komputer, tidak asing lagi mungkin mendengar kata telnet, tapi apa sih fungsi dari Telnet sendiri?

Pengertian Telnet

Telnet merupakan protokol jaringan komputer yang digunakan sebagai komunikasi, kendali dan konfigurasi komputer dari jarak jauh atau disebut remote.

Baca juga: Pengertian TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Dalam Jaringan Komputer

Sama halnya seperti SSH (Secure Shell) berfungsi sebagai pengendali komputer dari jarak jauh atau remote, dalam tukar menukar file atau pun konfigurasi sistem.

Telnet juga dapat digunakan pada jaringan intranet atau internet. Telnet diciptakan pada tahun 1969, namun berbeda dengan SSH (Secure Shell)  dengan kesederhanaanya sistem pada Telnet.

Telnet sendiri tidak memiliki sistem enkripsi terhadap akun yang akan kamu gunakan saat login ke dalam sistem. Yang sangat memungkinkan para “hacker” dapat membobol data yang akan kita transfer dengan cara MITM Attack.

Baca juga: Pengertian Tentang SSH (Secure Shell) Dalam Jaringan Komputer

Yang unik dari Telnet juga adalah dengan perkembangannya, kamu bisa gunakan untuk menonton film animasi. Meski dalam bentuk ASCII (sejumlah karakter), namun ini dapat menjadi hiburan saat kita sedang bosan.

Kesimpulan

Kelebihan Kekurangan
Me-remote komputer dari jarak jauh  Mempunyai sistem yang terbilang lemah
Sebagai alat komunikasi Lebih rentan terkena “hack”
Dapat memutar multimedia

 

Referensi :

  • Handbook jaringan komputer
  • Wikipedia

Baca juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Ping Pada Jaringan?

About hadewax 29 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pengertian LAN (Local Area Network) Pada Jaringan Komputer - Hadewa
  2. 5 Organisasi Standarisasi Jaringan Dunia - Hadewa
  3. 8 Manfaat Protokol di dalam Jaringan Komputer - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*