Pengertian Tentang SSH (Secure Shell) Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Tentang SSH (Secure Shell) Dalam Jaringan Komputer

Assalamualaikum wr. wb. sekarang saya akan sharing tentang pengertian tentang SSH atau Secure Shell, mungkin kalian juga sudah sering mendengarnya karena didunia jaringan komputer istilah ini sudah tidak asing lagi bukan. Apalagi yang sering menggunakan komputer.

Pengertian

SSH atau Secure Shell adalah salah satu merupakan protokol di dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk membantu para pengguna komputer untuk bertukan data, transfer data, serta mengendalikan komputer jarak jauh secara aman. Dibandingkan dengan Telnet dan juga FTP (File Transfer Protokol), SSH lebih unggul dalam keamanannya.

Proses yang ada dalam SSH yang memungkinkan SSH lebih unggul adalah adanya proses enkripsi, otorisasi, dan otentikasi. Maka dari itu SSH menjanjikan keamanan pada jaringan komputer, terutama pada kasus serangan MITM (Man In The Middle) Attack.

Baca juga : Apa Yang Dimaksud Dengan Ping Pada Jaringan?

SSH Server, yaitu komputer yang akan dieksekusi (dikendalikan jarak jauh termasuk juga untuk proses tukar dan transfer data).

SSH Client, yaitu merupakan client yang menggunakan SSH untuk melakukan otentikasi dan kendali ke komputer yang menjadi SSH server.

Kesimpulan

SSH Secure Shell
Port 22
Keamanan Lebih Baik dari Telnet dan FTP
Jaringan Internet (Publik) atau Intranet (private)

Hadewa’s blog, jangan lupa comment ya

Baca juga  : Cara Instal IPTraf di Linux

referensi : Handbook Jaringan komputer

About hadewax 37 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Install VLC Media Player di Ubuntu Dengan Beberapa Metode – Hadewa's Blog
  2. Pengertian TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Dalam Jaringan Komputer – Hadewa's Blog
  3. Pengertian Telnet Dalam Jaringan Komputer - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*