Apa Yang Dimaksud Dengan Ping Pada Jaringan?

Apa yang dimaksud dengan ping
Image Source 19216811

Apa Yang Dimaksud Dengan Ping Pada Jaringan?

Hai, kamu pernah denger istilah Ping? Atau kamu adalah pengguna BBM yang sering melihat kata Ping? Atau sering ngecek koneksi dengan menulis ping di komputer kamu?

Oke pengertian Ping sendiri dari kepanjangan Packet INternet Gopher atau biasa diketik sebagai ping. Ping adalah sebuah aplikasi Open Source yang berfungsi sebagai aplikasi utilitas untuk mengetahui kondisi jaringan kamu dan konektivitas ke komputer tujuan.

Ping sendiri menggunakan konsep pengiriman paket ke komputer tujuan memanfaatkan koneksi TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Oke, sekarang saya akan mempraktekan cara menggunakan aplikasi Ping ini pada perangkat Linux, disini saya pakai Linux Ubuntu. Untuk kalian pengguna Windows mungkin caranya ga begitu beda jauh, konsepnya sama saja.

Baca juga : Mari Kita Pake OS Ubuntu!

  1. Pertama kita buka dulu terminalnya, untuk lebih cepatnya bisa tekan Ctrl+Alt+T atau kita buka saja melalui Menu > Search “Terminal”, untuk pengecekan ping kita tidak perlu menggunakan akses root (#) kita bisa langsung menggunakan user biasa ($).
  2. Lalu kita hubungkan dulu komputer kita ke jaringan internet (mudahnya), cara mengecek apakah kita sudah terhubung atau belum bisa cek dengan mengetikan ifconfig, disana akan terlihat alamat jaringan kita.
  3. Setelah terhubung, sekarang kita coba pengetesan koneksi contoh kita ambil google, maka ketik ping www.google.com atau ping 8.8.8.8 lalu tekan Enter

Selection_006.png

Maka akan muncul informasi paket data seperti diatas jika berhasil, seperti informasi TTL (Time To Live).

Baca juga : Pengujian Monitoring Trafik Jaringan Menggunakan IPTraf di Linux

Sekian semoga bermanfaat.

Referensi : Handbook Jaringan Komputer

Hadewa’s Blog and Keep Sharing

About hadewax 32 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Install VLC Media Player di Ubuntu Dengan Beberapa Metode – Hadewa's Blog
  2. Pengertian Tentang SSH (Secure Shell) Dalam Jaringan Komputer – Hadewa's Blog
  3. Pengertian dan Cara Kerja ICMP (Internet Control Message Protocol) Dalam Jaringan Komputer – Hadewa's Blog
  4. Pengertian TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Dalam Jaringan Komputer – Hadewa's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*