Pengujian Monitoring Trafik Jaringan Menggunakan IPTraf di Linux

Pengujian Monitoring Trafik Jaringan Menggunakan IPTraf di Linux

Hai, sekarang saya mau mencoba untuk monitoring trafik jaringan saya menggunakan IPTraf aplikasi monitoring trafic di Linux.

Oke langsung saja kita lakukan pengecekan.

Baca juga: Pengertian Telnet Dalam Jaringan Komputer

1. Buka Aplikasi di Terminal

Untuk membuka aplikasi ini kamu harus mempunyai ijin root di Linux kamu. Setelah kamu sudah memakai sebagai root sudo su (untuk ubuntu dan turunannya). Kamu buka aplikasinya dengan mengetikan iptraf-ng atau iptraf (sesuai aplikasi yang kamu instal di Linux kamu), lalu tekan Enter.

Selection_001.png

Maka akan muncul seperti itu pada terminal kamu.

Baca juga : Cara Instal IPTraf di Linux

2. Menu

Ada beberapa menu disana, untuk kali ini saya akan memilih IP Traffic Monitor, yang fungsinya itu untuk memonitor atau menampilkan informasi trafik jaringan. Tekan Enter pada menu IP Traffic Monitor, terdapat pilihan disana.

Selection_002.png

Untuk melihat semua lalu lintas jaringan kita, tekan Enter pada menu All interfaces, maka akan terlihat semua lalu lintas jaringan kita disana.

Selection_003.png

catatan : Untuk kembali ke menu awal tekan Ctrl + X.

Itulah tadi untuk pengecekan lalu lintas jaringan kita di linux menggunakan aplikasi IPTraf di terminal, untuk menu menu yang lain mungkin akan dibahas dilain waktu, oke terima kasih, sampai jumpa.

Baca juga : Kenapa Linux?

Hadewa’s Blog and Keep Sharing

About hadewax 34 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

2 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Instal IPTraf di Linux – Hadewa's Blog
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Ping Pada Jaringan? – Hadewa's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*