Sharing setelah pakai Ubuntu!

 

Hai teman teman, sekarang saya mau sharing tentang kenapa aku pake nya Ubuntu, sebelumnya aku pernah nulis artikel tentang Mari Kita Pake OS Ubuntu! bisa kalian baca keunggulan pakai Sistem Operasi Ubuntu.

Tapi kali ini saya mau nulis pengalam saya pakai ubuntu untuk beberapa bulan terakhir ini sampe sekarang. Banyak faktot kenapa saya pakai OS Ubuntu, mungkin masyarakat Indonesia masih sangat familiar dengan OS Windows daripada Ubuntu, tapi tau ga kamu kalo Ubuntu di Indonesia ternyata terhitung banyak dilihat dengan forum-forum, artikel-artikel yang membahas tentang OS Ubuntu ini di Indonesia.

Dukungan komunitas juga sangat besar baik dari luar atau didalam negeri, bahkan di Indonesia sudah ada OS Ubuntu Indonesia yang khusus untuk masyarakat Indonesia Klik Disini kalau kamu ingin melihat spek atau melihat apa itu Ubuntu Indonesia.

Sekarang aku mau jelasin apa aja sih yang aku banggain setelah pakai Ubuntu ini, eh btw saya pakai OS Ubuntu 16.04 LTS.

Ringan

Ya, ini yang saya rasain setelah pakai Ubuntu, yaitu ringan OS nya. Saya dulu pernah pake OS Windows yang booting sama mati nya aja memakan beberapa menit. Kalau sekarang saya pakai OS Ubuntu, Booting sama Matiin komputer ga butuh waktu yang lama.

Open Source & Freeware

Ini udah aku bahas di postingan sebelumnya ini. Iya OS ini gausah banyak ngeluarin uang untuk beli OS nya, semuanya serba gratis yang enak nya lagi OS ini itu Open Source jadi mau kita ubah ubah ga akan kena pelanggaran Hak Cipta, tapi meski Open Source aku sampai sekarang masih belum bisa ngotak ngatik kode nya XD.

Aman

Kalau kita mau nginstal apa-apa kita harus masukkin password user kita dulu, sebelum login pun kita diwajibkan memasukan Password yang sebelumnya kita milih user kita. Jadi untuk virus nyebar kemungkinannya sangat kecil, jadi file file berharga kita ga abis sama virus, dan yang paling kerennya di OS Ubuntu kita gausah pake yang namanya Antivirus lagi.

Tampilan

Kalo tampilan sih relatif setiap orang pasti beda-beda pendapat, tapi untuk saya tampilan OS Ubuntu ini sangat keren, apalagi kalau kalian ganti ganti temanya, banyak pilihan tema di OS Ubuntu. Kalau tampilan kalian mau makin kece kalian bisa instal Tweak, disana kalian bisa custom gonta ganti tema. Kalo tema kesukaanku adalah Numix dan Paper.

Gampang

Banyak orang yang berpikiran sama sepertiku dulu waktu mau pakai Ubuntu, “Gimana kalo mau bikin tugas di Word? Power Point? Excel?” yang semuanya itu ada di Microsoft Office yang base OS nya itu ada di Windows. Tapi setelah aku baca-baca artikel dan ngulik juga waktu setelah instal OS Ubuntu adalah pakai LibreOffice yang sudah default terinstal langsung didalam OS, tapi kata saya LibreOffice kurang bersahabat untuk yang baru benar benar pindah dari Windows, akhirnya saya pakai WPS Office yang tampilan nya itu hampir mirip sama Microsoft Office. Tenang ko kalau kamu emang baru pindah dari Windows ke Ubuntu, banyak aplikasi alternative dari Ubuntu yang biasa dilakukan di Windows.

Baca Juga : Saatnya Pakai WPS Office!

Driver

Nah ini yang paling penting, bagi kalian pengguna Windows mungkin kalian harus instal Driver Pack setelah kalian instal OS Windows. Beda nya di Linux driver komputer/laptop kalian sudah otomatis terinstal dalam OS, jadi kalian ga usah instal instal lagi Driver Pack.

Update

Di Ubuntu sangat gampang sekali untuk Update nya, kalian gausah restart dulu terus installing. Kalian cukup ketik di terminal sudo apt-get update lalu sudo apt-get upgrade proses download dan installing nya juga cepet.

Kesimpulan

Munkin dari saya, kalau kalian memang sudah matang untuk pindah ke Ubuntu tidak usah takut soal adaptasi, mungkin kalian akan cepat untuk beradaptasi karena banyak alternative aplikasi yang biasa digunakan di Windows dan ada aplikasi nya di Linux. Dukungan komunitas pun banyak sekali, kalau kalian memiliki bug atau kesulitan bisa tanya tanya di forum baik dalam atau luar negeri, artikel tentang OS Ubuntu juga banyak sekali. Jadi intinya kalian jangan khawatir untuk migrasi dari Windows ke Ubuntu kalau kalian memang ingin pindah.

Terima kasih, Hadewa’s Blog and Keep Sharing

About hadewax 34 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Install VLC Media Player di Ubuntu Dengan Beberapa Metode – Hadewa's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*