Saatnya Pakai WPS Office!

Hai teman-teman, kali ini aku mau sharing tentang salah satu paket aplikasi perkantoran. Mungkin bukan hanya untuk kantoran saja ya, tapi dijaman sekarang ini alat digital sudah menjadi hal pokok yang harus terpenuhi

, menulis dokumen pun tidak hanya di kantor, tapi bagi para siswa sekolah sekarang sudah harus bisa mengoprasikan aplikasi perkantoran ini.

Namun mayoritas di Indonesia didominasi menggunakan aplikasi dari Microsoft yaitu Microsoft Office, mulai dari seri 2007, 2010, 2013, dll. Namun untuk memakai Microsoft Office kita dituntut harus membelinya alias ga gratis, tapi kebanyakan di Indonesia masih sering memakai Microsoft Office “bajakan” mungkin karena MS Office mahal? Mungkin bagi sebagian orang untuk memakai aplikasi “bajakan” itu bukan hal yang penting, padahal itu sama saja dengan “ilegal”. Meski kita sering memakai aplikasi “bajakan” tidak ada salahnya kita menguranginya, karena itu aku mau share ke kamu penggantinya MS. Office yang ga kalah keren sama MS. Office, yaitu WPS Office.

WPS office adalah kependekan dari Writer, Presentation dan spreedsheets, yang artinya WPS menyediakan paket untuk Writer untuk menulis dokumen sama aja kayak Microsoft Word di MS. Office, Presentation untuk membuat presentasi kalau di MS. Office namanya Microsoft Power Point dan Spreedsheets itu adalah penggantinya Microsoft Excel.

Keunggulan WPS Office :

  1. Freeware alias Gratis
  2. Simple
  3. Tampilan keren
  4. Fleksibel mau dibuka di MS Office pun
  5. Ringan

1. Writer

  • Tampilan

Screenshot from 2017-10-22 09-48-13.png

  • Fitur

Selection_001.png

Untuk fitur umum semua tersedia, ga jauh beda juga sama Microsoft Word,  kalian bisa menggunakan tanpa kebingungan kalo yang dulunya emang suka pake aplikasi kantor Microsoft Office.

  • Format

Untuk format pun, sebenernya WPS ada format tersendiri yaitu .wps, tapi jika kalian mau buka dokumen di MS. Word pun ga masalah karena WPS Office menyediakan format .docx yang biasa dipakai oleh MS. Word, jadi kalo kamu mau buka di MS. Office pun ga perlu ribet ribet copy paste dari WPS Office ke MS. Word, tinggal buka.

2. Presentation

  • Tampilan

Screenshot from 2017-10-22 10-04-44.png

  • Fitur

Selection_002.png

Fiturnya juga lengkap, gausah ribet ribet nyari tinggal klik klik aja sama kaya di MS. Office, mungkin ada beberapa fitur yang berbeda. Tapi secara umum sama saja fungsinya, tinggal kamu ulik aja deh.

  • Format

Untuk format default dari WPS adalah .dps tapi jika kalian mau buka di Microsoft Power Point kalian juga bisa,  yaitu .pptx jadi ga perlu khawatir file nya ga akan tampil di Microsoft Power Point.

3. SpreedSheets

  • Tampilan

Screenshot from 2017-10-22 10-13-36.png

  • Fitur

Selection_003.png

Fiturnya pun untuk hal pekerjaan sama saja dengan Microsoft Excel.

  • Format

Format default dari SpreedSheets adalah .et dan bila kamu mau buka di Microsoft Excel, tinggal ubah aja ke .xlsx atau format lainnya ada di pilihan waktu kita mau nge save file nya.

4. Kesimpulan

Untuk kamu yang masih pake Microsoft Office dan mau pindah ke WPS Office, kalian ga usah ribet lagi beradaptasi karena secara tampilan dan fitur bahkan format ga terlalu jauh perbedaannya. Kalo kalian mau download kalian bisa kunjungi website nya, freeware ko jadi ga usah ngeluarin uang untuk beli paket aplikasi perkantoran ini.

Hadewa’s Blog and Sharing, bye

About hadewax 32 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

7 Comments

  1. Wonderful article! That is the kind of information that are meant to be shared
    across the web. Shame on Google for now not positioning
    this publish upper! Come on over and visit
    my web site . Thank you =)

    • Bisa kok, asal filenya memenuhi syarat. File yang populer seperti .docx jadi nanti bisa dibuka juga di aplikasi Microsoft Word atau WPS Office PC 🙂

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sharing setelah pakai Ubuntu! – Hadewa's Blog
  2. [Google Keep Notes] Cara Membuat Catatan Dan Daftar Di Home Android – Hadewa
  3. Aplikasi Android Edit Foto Terbaik 2018 - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*