Mari Kita Pake OS Ubuntu!

 

Hai teman-teman, kali ini aku mau bahas tentang Ubuntu, apasih ubuntu itu? Jadi ubuntu penjelasan singkatnya adalah sistem operasi komputer sama kaya windows. Kalau menurut penjelasan wiki adalah :

Sistem Operasi Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Ubuntu adalah turunan dari Linux Debian yang sangat terkenal, dan sangat mudah untuk dioperasikan. Kenapa aku pengen share tentang Ubuntu? Singkatnya aku juga adalah pengguna Ubuntu, jadi aku mau share tantang ubuntu yang aku tau, kelebihan dari Sistem Operasi tersebut. Mungkin kamu juga ada rencana mau pindah ke sistem operasi ubuntu? Kenapa tidak?

  1. Spesifikasi

Untuk yang aku pakai adalah Ubuntu 16.04 LTS 64bit.

    • 2 GHz dual core processor or better
    • 2 GB system memory
    • 25 GB of free hard drive space
    • Either a DVD drive or a USB port for the installer media
    • Internet access is helpful

Untuk menggunakan Ubuntu spek nya tidak terlalu besar seperti sistem operasi yang lain. Untuk versi ubuntu yang ku pakai emang Recommended Spesification komputer/laptopnya lumayan relatif mid. Namun ubuntu juga bisa digunakan untuk spek yang relatif rendah atau bisa dikatakan komputer jadul, bisa juga untuk notebook yang speknya rendah. Seperti yang aku pakai di notebook, aku pakai Xubuntu turunannya dari Ubuntu. Aku suka Xubuntu yang bisa dipakai dinotebook spek rendah juga Xubuntu itu tampilannya yang keren. Kalau Xubuntu masih lemot? Coba deh kamu pake versi Light nya ubuntu yaitu Lubuntu, sama seperti Xubuntu, Lubuntu juga adalah turunannya dari Ubuntu.

     2. Keamanan

Ya, kamu pasti udah tahu bagaimana sistem operasi Linux itu sangat lah aman dibandingkan sistem operasi yang lain. Selama pengalaman aku pake sistem operasi linux khususnya adalah Linux Ubuntu, aku belum pernah mengalami yang namanya kena virus. Mungkin sih ada virus di sistem operasi Linux khususnya Ubuntu, tapi se tau aku Linux itu dari segi keamanan itu sangat aman, mungkin karena setiap kita mau menginstal aplikasi dibutuhkan Password user, jadi seseorang tidak akan bisa sembarangan menginstal virus di komputer kita.

     3. Tampilan

Dijamin deh tampilannya ga ngebosenin kalo pake Linux, elegan dan juga sangat ringan dan juga User Interface nya yang sangat mudah. Kalo kamu bisa ngotak ngatik dengan bahasa pemrograman, kamu bisa mengubahnya sesuka hati kamu karena sifat nya yang Open Source. Tapi kalo kamu males harus ngoding, kamu juga bisa download tema tema yang elegan di reository atau kamu bisa searching tema tema di Google. Tema favorit ku adalah Numix dan Flatabolous, cool banget temanya.

     4. Open Source

Sudah pada tau kan kalo Linux itu Open Source? Yang artinya kamu bisa ngubah ngubah kode kode yang ada didalamnya kalo kamu ngerti bahasa pemrogramannya. Ga kaya windows yang kode nya itu kita ga bisa ubah ubah. kamu bisa ngebuat Sistem Operasi kamu sendiri ga perlu takut sama Copyright karena sifatnya Open Source.

     5. Freeware

Yaps, sudah Open Source terus lagi gratis sudahlah komplit. Sebenernya sistem operasi Linux khususnya Ubuntu bukan artinya ini adalah sistem operasi Windows yang emang kalo Ubuntu itu Freeware atau gratis, kamu bisa coba sendiri gimana rasanya pakai Ubuntu dengan Windows. Kalau kamu emang sangat tertarik sama komputer mungkin kamu ga cuma harus bisa Windows, karena di Windows kan ga bisa ngotak ngatik kode kode nya, tapi di Ubuntu kamu bebas mengetik kode yang kamu suka. Jadi ga usah takut kena pelanggaran Hak Cipta atau nyari Bajakan Linux haha, kamu tinggal download di Website resmi nya tanpa dipungut biaya.

     6. Kesimpulan

Oke jadi kesimpulannya, yang aku rasain setelah memakai Ubuntu dan Xubuntu… Ga tau kenapa yang asalanya aku pakai Sistem Operasi Windows “bajakan” sekarang pake Ubuntu yang emang aslinya itu freeware dan juga Open Source, jadi ga ada beban aja sih.

Kalo aku karena emang kesukaanku ngotak ngatik komputer (meski background sekolahku adalah elektronika) memakai OS ubuntu adalah seperti keharusan karena biar tau lebih jauh tentang dunia komputer, tapi bagi kamu yang emang ga suka sama sekali sama komputer atau cuman sekedar ngerjain tugas atau main game di komputer atau laptopnya, aku rekomendasiin kamu pake ini deh, kamu gausah mikirin lagi tentang tagihan atau harus membeli OS yang mahal seperti Windows.

Basically semua nya sama ko cuman karena di Indonesia sudah terbiasa dengan Windows makanya kalo liat OS lain keliatannya asing, padahal kalo kalian yang masih pakai OS “Bajakan” ayo sedikit sedikit kita kurang, kalau ada yang Freeware Lebal kenapa harus pakai yang Mahal?

  • Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya.
  • Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik.
  • Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun.

by : ubuntu

About hadewax 37 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

2 Comments

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kenapa Linux? – Hadewa's Blog
  2. Sharing setelah pakai Ubuntu! – Hadewa's Blog
  3. Cara Instal IPTraf di Linux – Hadewa's Blog
  4. Apa Yang Dimaksud Dengan Ping Pada Jaringan? – Hadewa's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*