Kenapa Linux?

Hai teman teman, sekarang saya akan sharing tentang OS apa yang saya pakai dan kenapa saya pakai OS tersebut. Sebelumnya kalian pakai OS apa? Eh iya sekedar info bagi yang belum tahu apa itu OS, jadi singkatnya OS (Operating System) adalah

perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
By : Wikipedia

Jadi seperti itu pengertian singkat dari Wikipedia nya, atau lebih gampangnya OS itu buat ngoprasiin komputer, jadi kalo ga pake OS komputer kita ga bisa digunain paling cuman bisa Booting doang. Ada beberapa OS yang paling terkenal didunia dan paling banyak pengguna nya, yaitu :

  1. Windows
  2. Mac OS
  3. Linux

Ketiga OS tersebut adalah paling populer didunia ini, mungkin kalian pengguna salah satunya? Oke sekarang aku akan sharing aku pake OS apa. Sekarang ini aku pake nya OS Linux dan Windows, tapi yang paling aku proitasin aku pake OS Linux, dan aku pake Distro Ubuntu dan Xubuntu.

Baca juga : Mari Kita Pakai OS Ubuntu!

Kenapa Linux?

  1. Open Source

    Ya, OS ini adalah Open Source yang artinya OS ini bisa kita ubah ubah sesuai keinginan kita. Misalnya kita mau ubah tampilannya jadi apa yang kita inginkan itu bisa kita lakukan (kalau kita ngerti bahasa pemrograman). Semua yang kita lakukan kepada OS ini adalah legal artinya tidak ada pelanggaran Copyright nya.

  2. Freeware

    Oke mungkin ini lah keunggulan Linux berikutnya, kenapa sih pake Linux ya karena gratis dan legal. Kita bisa download Linux disitusnya tanpa dipungut biaya, mungkin bagi pengguna Windows harus membayar pertahun dan harganya sangat mahal, makanya banyak pengguna Windows yang masih pakai bajakan (Not Recommend).

    Maka dari itu kenapa saya lebih memilih Linux sebagai Operating System di komputer dan laptop saya.

  3. Interface

    Yang aku tau, banyak orang bilang kalau linux itu khusus bagi mereka yang jago sama IT atau juga ada yang bilang OS nya para Hacker. Emang sih untuk beberapa distro Linux diciptakan untuk pakarnya, seperti untuk pengujian  network,  sebagai server, dll.

    Tapikan itu untuk beberapa distro saja (Apa distro itu? Nanti dijelaskan dibawah), jadi untuk pekerjaan kantor atau untuk sehari hari, linux memberikan distro nya contohnya distro yang saya pakai dan itu yang paling populer dan paling besar secara komunitas baik di luar dan didalam negeri yaitu Ubuntu.

    Linux itu mudah sama seperti Windows, karena sebagian besar dari kita awalnya memakai Windows jadi mungkin seperti aneh saat melihat Linux, padahal itu sama aja cuman karena tampilannya yang agak beda.

    Bahkan linux ada beberapa distro yang sangat cantik tampilannya seperti Elementary OS, Ubuntu, Xubuntu, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Itu Internet, Definisi, Sejarah, Manfaat dan Kerugiannya?

  1. Distro

    Banyak sekali pilihan untuk kita memakai Linux, kita bisa memilih distro-distro yang cocok untuk kita. Seperti distro yang sudah terkenal yaitu Debian, RedHat, Arch, Ubuntu, dll.

    Jika Ubuntu itu adalah turunan dari Debian, jadi jika kita sebelumnya memakai Debain terus kita mau ganti ke Ubuntu, kita ga usah ribet-ribet lagi beradabtasi karena syntax (penulisan) dan paket-paket nya tidak jauh beda dengan Debian.

    Saya sendiri pakai distro Ubuntu, karena distro ini terlihat keren dengan dukungan komunitas yang besar baik luar dan dalam negeri. Bagi kalian yang ingin hijrah dari Windows ke linux saya sarankan sih pake distro Ubuntu.

    Tapi kalo kalian masih belum terbiasa, kalian bisa pakai Linux Mint (salah satu turunan dari Ubuntu), dan tampilannya ga jauh beda sama Windows. Tapi bagi kalian yang sudah mahir dan ingin menggunakan komputer & laptop untuk kebutuhan penetrasi, pengujian, networking, dll. kalian bisa pakai distro Kali Linux, BackBox, Parrot Scurity OS, dll.

  2. Aplikasi

    Sekarang saya akan bahas aplikasi yang kita bisa gunakan di Ubuntu, bagi kalian yang masih belum bisa Move On dari OS Windows kalian sebenernya masih bisa gunain aplikasi yang ada di Windows ke Ubuntu, yaitu kalian menggunakan aplikasi yang namanya Wine.

    Aplikasi tersebut dapat membuka aplikasi Windows di Linux, memang sih ga selancar di Windows, iyalah orang itu kan aplikasi yang didesain untuk Windows, makanya kita dituntut untuk Move On (hehe) kita harus bisa beradaptasi dengan aplikasi-aplikasi yang ada di Linux.

    Saya akan sharing aplikasi yang biasa digunakan di windows dan di linux juga ada bahkan di linux itu aplikasinya rata-rata mempunyai license Open Source and Freeware itu artinya gratis. Beberapa aplikasi yang aku pake, yaitu:

    1. WPS Office, ini adalah aplikasi pengganti Microsoft Office.
    2. Krita, ini adalah aplikasi pengganti Adobe Photoshop.
    3. Kdenlive, ini adalah aplikasi pengganti Adobe Premiere.
    4. Shutter, ini adalah aplikasi pengganti Lightshot (Screenshot).
    5. Steam, jika kalian adalah gamer mungkin sudah pasti tau.
  3. Kesimpulan

    Bagi kalian yang dulunya pengguna Windows dan ingin pindah ke Linux dari nol atau belum pernah sekali memakai Linux saya saranin pake yang ga jauh beda sama Windows seperti Linux Mint, tapi menurutku kalo mau pake linux sih mending sekalian pakai yang wah gitu haha.

    Kenapa? Kan kita mau pindah nih masa aja kita masih pakai yang mirip-mirip sama sebelumnya, meski ga seratus persen sama tapi kan namanya mau Move On ya harus ada perubahan biar ga terus-terusan inget sama mantan haha.

    Btw saran saya kalau kalian di Linux masih pakai aplikasi Wine untuk membuka aplikasi Windows di Linux sih menurutku itu sayang, soalnya kita udah pindah coba deh kalian beradaptasi sama aplikasi aplikasi yang ada di linux, kalo masih tergantung sama aplikasi windows kalian ga bisa ngulik ngulik yang ada di Linux.

Baca juga: 5 Organisasi Standarisasi Jaringan Dunia

About hadewax 29 Articles
Hello, kenalin nama saya Rivaldi Rohman Handaka, lahir di kota Bandung. Saya sangat menyukai dunia Computer Networking, dan semoga apa yang saya share di Blog ini dapat bermanfaat bagi temen-temen. Keep Sharing for Technology

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sistem Operasi Ubuntu! – Hadewa's Blog
  2. Pengujian Monitoring Trafik Jaringan Menggunakan IPTraf di Linux – Hadewa's Blog
  3. [Google Keep Notes] Cara Membuat Catatan Dan Daftar Di Home Android - Hadewa

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*